Panduan Pembeli
Menerima Ajakan Bertransaksi
Anda akan menerima email pemberitahuan dari sistem tentang ajakan bertransaksi dengan aman melalui platform eskro.
Selanjutnya anda dapat masuk ke dasbor eskro lalu pilih menu Terbaru untuk melihat ajakan dan detail transaksi yang telah dibuat oleh penjual.
Pilih transaksi anda, lalu lihat detail transaksi dengan seksama. Apakah sudah sesuai dengan kesepakatan atau tidak dengan penjual, jika anda merasa tidak sesuai anda bisa membatalkan transaksi dengan memilih menu Batalkan. Dan dapat membuat ajakan transaksi baru yang sesuai.
Jika ajakan transaksi sudah sesuai dengan kesepakatan anda dapat memilih menu Terima, transaksi sudah dapat dimulai. Tentunya setelah anda melakukan pembayaran yang tersedia pada platform eskro.
Melakukan Pembayaran
Setelah anda menerima ajakan, anda dapat langsung melakukan pembayaran dengan memilih menu Pembayaran yang terdapat pada halaman yang sama.
Anda akan dialihkan ke halaman pembayaran, yang berisikan informasi detail transaksi dan total pembayaran serta biaya layanan. Jika sudah sesuai, anda dapat memilih menu Metode Pembayaran untuk tahap akhir yaitu melakukan pembayaran untuk transaksi yang telah disepakati.
Selanjutnya anda dapat memilih metode pembayaran yang telah tersedia lalu melakukan pembayaran sesuai dengan yang tertagih. Tiap pembayaran yang anda buat akan terverifikasi secara otomatis dan dana dari anda sementara akan kami tahan hingga transaksi selesai.
Penjual Proses Transaksi
Sistem kami akan memberitahu penjual untuk memproses transaksi dan anda dapat berkomunikasi dengan penjual melalui platform eskro.
Komplain Pada Transaksi
Pembeli dapat melakukan komplain pada transaksi yang tidak sesuai dengan kesepakatan, anda dapat berkomunikasi dengan penjual untuk tahap selanjutnya, apakah melanjutkan bertransaksi dengan memenuhi kewajiban yang sudah disepakati atau meminta pengembalian dana dan transaksi dibatalkan.
Jika sepakat memilih Komplain, silakan isi Alasan Komplain dengan benar dan sesuai, maka transaksi anda akan ditahan sementara. Team dari eskro akan melihat permasalahan transaksi, Penjual dan pembeli dapat berkomunikasi langsung melalui fitur diskusi yang akan dipantau langsung oleh team eskro.
dan team eskro akan memutuskan apakah dana dikembalikan atau diteruskan ke penjual.
pastikan anda dengan seksama melihat detail transaksi yang dibuat oleh penjual. Pada tahap komplain, Keputusan team eskro tidak dapat diganggu gugat.
Menyelesaikan Transaksi
Jika transaksi anda dengan penjual sudah selesai, anda dapat menyelesaikannya dengan memilih menu Selesaikan, maka transaksi anda sudah dinyatakan selesai. Dan dana dari anda akan kami teruskan ke penjual.
Sebelum menyelesaikan transaksi, baiknya anda pastikan kembali apakah sudah sesuai atau tidak. Tidak ada batasan waktu untuk menyelesaikan transaksi selama penjual dan pembeli sepakat. Transaksi yang sudah diselesaikan tidak dapat dikomplain dan dan pengembalian dana.
Last updated